Pengantar manajemen

A. Arti Manajemen

Menurut Drs. M. Manullang (2001:3) Istilah manajemen mengandung 3 (tiga) pengertian, sbb.:
1.
Manajemen sebagai suatu proses

2. Manajemen sebagai suatu kolektivitas orang-orang yang melaksanakan manajemen

3. Manajemen sebagai suatu seni atau suatu ilmu


Manajemen sebagai suatu proses

Dalam Encylopedia of the Social Science dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.

Menurut James A.F. Stoner (1992, hal7) Manajemen adalah :“Proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya anggota organisasi dan proses penggunaan semua sumber daya lain untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan”.


Haiman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.


George R. Terry mengatakan bahwa manajemen adalah pecapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan orang lain.

Dari definisi-definisi yang dikemukan diatas tampak bahwa ada tiga pokok aspek penting yang terkandung didalamnya, yaitu; pertama, adanya tujuan yang ingin dicapai; keduatujuan dicapai dengan mempergunakan kegiatan-kegiatan orang-orang lain; dan ketiga, kegiatan-kegiata orang lain itu harus dibimbing dan diawasi.

Manajemen sebagai kolektivitas

Adalah Orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen. Jadi dengan kata lain, segenap orang-orang yang melakukan aktifitas manajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajemen. Dalam arti singular (tunggal), disebut manajer. Manajer adalah pejabat yang bertanggung jawab terhadap terselenggaranya aktivitas-aktivitas manajemen agar tujuan unit yang dipimpinnya tercapai dengan menggunakan bantuan orang lain.

Aktivitas manajemen yang dimaksud adalah: planning, Organizing, Staffing, directing dan controlling, ini sering disebut dengan proses manajemen, fungsi-fungsi manajemen, bahkan ada yang menyebutnya sebagai unsur-unsur manajemen.

Manajemen sebagai suatu seni atau suatu ilmu

Chester I Barnard dalam bukunya The function of the executive”, mengakui bahwa manajemen itu adalahsenidan juga sebagaiilmu”. Demikian pula Henry fayol, Alfin Brown, Harold Koontz dan O’ Donnel, dan George R. terry beranggapan bahwa manajemen itu adalah ilmu sekaligus seni.

Manajemen sebagai seni berfungsi untuk mencapai tujuan yang nyata mendatangkan hasil atau manfaat, sedangkan manajemen sebagai suatu ilmu berfungsi menerangkan fenomena-fenomena, jadi memberikan penjelasan-penjelasan.

Dari beberapa pengertian diatas maka Manajemen dapat di definisikan:

Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

B. SARANA MANAJEMEN

a) Men

b) Money

c) Material

d) Machine

e) Methods

f) Markets

D. FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN

Berbagai pendapat mengenai fungsi-fungsi manajemen akan tampak jelas dengan dikemukakan pendapat beberapa ahli:

  1. Louis A. Allen :Leading, Planning, Organizing, Controlling
  2. Prajudi Atmosudirjo :Planning, Organizing, Directing atau Actuanting, Controlling.
  3. John Robert Beishline :Planning, Organizing, Commanding, Controlling.
    Henry fayol :Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling.
  4. Luther Gullich :Planning, Organizing, Staffing, directing, Coordinating, reporting, Budgeting.
  5. Koontz dan O’Donnel :Organizing, Staffing, Directing, Planning, Controlling.
  6. William H. Newman :Planning, Organizing, Assembling, Resources, Directing, Controlling.
  7. Siagian :Planning, Organizing, Motivating, Controlling.
  8. William Spriegel :Planning, Organizing, controlling,
  9. George R. Terry :Planning, Organizing, Actuanting, Controlling.
  10. LyndakF.Urwick :Forecasting, Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling.
  11. Winardi :Planning,Organizing,Coordinating,Actuanting, Leading, Communication, Controlling.
  12. The Liang Gie :Planning, Decision Making, Directing, Coordinating, Controlling, Improving.

Pada hakekatnya bila dikombinasikan pendapat-pendapat diatas, maka fungsi manajemen adalah sebagai berikut:

a) Forcasting

b) Planning termasuk budgeting

c) Organizing

d) Staffing atau assembling

e) Directing atau commanding

f) Leading

g) Coordinating

h) Motivating

i) Controlling

j) reporting

a). Forcasting

kegiatan meramalkan, memproyeksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dilakukan.

b). Planning termasuk budgeting

Penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.

Perumusan perencanaan merupakan penetapan jawabab kepada enam pertanyaan berikut:

1. Tindakan apa yang harus dikerjakan?

2. Apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan?

3. Di manakah tindakan itu harus dikerjakan?

4. Kapan tindakan itu dilakasanakan?

5. Siapakah yang akan mengerjakan tindakan ini?

6. Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan ini?

c). Organizing

Penetapan susunan organisasi serta tugas dan fungsi-fungsi dari setiap unit yang ada dalam organisasi, serta menetapkan kedudukan dan sifat hubungan antara masing-masing unit tersebut. Atu juga dapat dirumuskan sebagai; keseluruhan aktivitas manajemen dalam mengelompokkan orang-orang serta penetapan tugas, fungsi, wewenang, serta tanggungjawab masing-masing dengan tujuan terciptanya aktivitas-aktivitas yang berdaya guan dan berhasil guna dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu.

d). Staffing atau assembling resource

Istilah tersebut diberikan oleh Luther Gullich, harold Koonz dan Cyril O’Donnel. Sedangkan Assembling resources dikemukan oleh William H. Newman. Kedua istilah itu cenderung mengandung pengertian yang sama.

Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunanpersonalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya, sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.

e). Directing atau commanding

adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas, perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing , agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

f). Leading

Istilah leading merupakan salah satu fungsi manajemen yang dikemukan oleh Louis A. Allen yang dirumuskan sebagai pekerjaan yang dilakukan oleh manajer yang menyebabkan orang lain bertindak. Pekerjaan leading meliputi lima macam kegiatan;yaitu:

Mengambil keputusan

Mengadakan komunikasi agar saling pengertian antara manajer dan bawahan.

Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.

Memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampi dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

g). Coordinating

adlah melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan atau menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi.

h). Motivating

Pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatansecara sukarela sesuai yang dikehendaki oleh atasan.

i). Controlling

adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud tercapai tujuan yang digariskan semula.

j). Reporting

adalah penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi, baik secara lisan maupun tertulis sehingga dalam penerimaan laporan dapat memperoleh gambaran bagaimana pelaksanaan tugas orang yang memberi laporan.

D. Tingkatan Manajemen (Manajemen Level).

Tingkatan manajemen dalam organisasi akan membagi tingkatan manajer menjadi 3 tingkatan :

Manajer lini garis-pertama (first line) adalah tingkatan manajemen paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Dan mereka tidak membawahi manajer yang lain.

Manajer menengah (Middle Manager) adalah manajemen menengah dapat meliputi beberapa tingkatan dalam suatu organisasi. Para manajer menengah membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya kadang-kadang juga karyawan operasional.

Manajer Puncak (Top Manager) terdiri dari kelompok yang relative kecil, manager puncak bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi.


Comments

Popular posts from this blog

Naked Girl Mentawai Tribe

Kuhn Rikon vs WMF Pressure Cooker - Which is Best? by Robin OBrien

Should You Learn Healthy Cooking Recipes?